Cara Memasak dengan Convection Oven (Oven Konveksi)

Convection oven cukup berbeda dengan oven konvensional atau tradisional. Oven konveksi memiliki bagian tambahan berupa kipas di elemen pemanas. Kipas itu berfungsi mengalirkan udara ke seluruh bagian oven terus-menerus selama waktu memasak.

Penggunaan oven konveksi relatif lebih singkat. Hal ini lantaran kipas membantu mengedarkan panas di sekitar makanan. Sehingga makanan yang Anda masak bisa matang sempurna dalam waktu lebih cepat. Agar bisa mendapat hasil makanan matang sempurna berikut cara memasak menggunakan oven konveksi yang perlu Anda tahu, diantaranya:

  1. Turunkan Suhu Oven

Untuk memasak dengan oven konveksi Anda harus menurunkan suhu. Hal ini berlaku pula saat Anda memasak mengikuti resep yang menggunakan oven konvensional. Pasalnya panas akan didistribusikan merata saat menggunakan oven konveksi. Adapun penurunan suhu yang dianjurkan berkisar antara 20 sampai 25 derajat bila ingin menggunakan oven konveksi.

  1. Persingkat Waktu Memasak

Selain menurunkan suhu, Anda juga harus mempersingkat waktu memasak. Karena jenis oven terbuka ini bisa memasak lebih cepat dibanding oven tradisional. Anda bisa mengurangi waktu memasak sampai sepertiga dari waktu asli.

  1. Menggunakan Loyang yang Pas

Tidak sembarang loyang bisa digunakan dalam convection oven. Seperlu mengoptimalkan hasil panggangan dianjurkan memakai loyang kue kering tanpa sisi atau bersisi rendah. Hal ini perlu mendukung sirkulasi udara panas yang lebih merata pada makanan. Loyang yang digunakan perlu dilapisi dengan kertas roti untuk memanggang kue kering. Setelah itu loyang sebaiknya diletakkan di bawah rak makanan untuk menampung tetesan air agar aliran udara bisa mengenai makanan sekaligus menampung tetesan air.

  1. Tidak Perlu Menutup Makanan

Saat menggunakan oven konveksi, Anda tidak perlu menutup makanan. Hal tersebut justru menghalangi aliran udara. Karenanya tidak perlu menggunakan aluminium foil atau sejenisnya.

  1. Mengecek Kematangan Makanan

Selama proses memasak selalu jangan lupa cek tingkat kematangan. Pengecekan bisa Anda lakukan sekitar sepuluh menit sebelum batas waktu. Hal ini penting guna menghindari risiko makanan terlalu matang atau malah kurang matang saat dimasak menggunakan convection oven.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *