Langkah Baru Partai Politik Hari Ini Dalam Pemilu 2019

Berita politik hari ini memang tidak pernah jauh dari pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 ini memang tidak hanya menjadi ajang untuk melakukan pemilihan presiden tetapi juga para calon legislatif. Sehingga memang ada banyak hal yang menjadi perhatian dari berbagai pihak terkait calon legislatif yang melaju ke pemilihan legislatif 2019. Namun ternyata ada berbagai pendapat yang diutarakan oleh para ahli terkait pelaksanaan pemilihan tersebut.

Prediksi Pemilu 2019 Untuk Partai Baru

Berita politik hari ini menyatakan ada 16 partai politik yang melaju ke pemilihan umum tahun 2019 nanti dan ternyata lumayan banyak juga jumlah partai politik yang masih baru berkembang. Memang bukan perkara mudah untuk mengalahkan beberapa partai politik besar yang ada di Indonesia meskipun bukan hal yang mustahil juga. Namun ada berbagai pendapat terkait partai politik yang baru berkembang ini dalam langkahnya melaju ke pemilihan umum 2019.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah ambang batas parlemen berdasarkan survei adalah 4%, jika tidak bisa mencapai angka tersebut maka partai politik tersebut tidak bisa memiliki kursi di DPR. Menurut Lembaga Survei Indonesia pemilu kali ini bahkan bisa menjadi waktu kematian bagi beberapa partai politik yang baru berdiri masih seumur jagung serta belum memiliki kekuatan yang optimal. Tidak hanya itu, masalah struktur partai yang masih kurang mapan juga menjadi pertimbangan serta perhatian terkait kemungkinan lemahnya partai politik muda ini.

Alasan Rentannya Posisi Partai Baru di Pemilu 2019

Bagi seseorang yang suka mengamati dunia politik tentunya sudah bisa menerka masalah ini. Untuk partai politik yang masih baru memang ada berbagai hal yang harus dihadapi terlebih dahulu sebelum masuk ke pemilu 2019. Keberanian mereka tentu saja harus diimbangi dengan kekuatan yang optimal sehingga bisa bertahan. Meskipun begitu ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa memang ada banyak hal yang mendasari pemilu 2019 bisa menjadi kuburan bagi partai baru tersebut.

Tidak hanya masalah struktural yang mungkin sudah cukup rumit, alasan yang lebih sederhana dalah partai baru ini belum terlalu dikenal di kalangan masyarakat. Kurang mapannya struktural yang ada di dalam partai politik ini maka dapat mempengaruhi kurang optimalnya gebrakan yang dibuat demi mendapatkan perhatian publik. Memang salah satu kekurangan dari pemilihan serentak ini akan membuat partai politik baru dan calon legislatif seakan tidak terlihat bila disandingkan dengan calon presiden serta wakil presiden. Sehingga dibutuhkan adanya gerakan yang cukup besar serta program yang membuat mereka terlihat berbeda di mata masyarakat sehingga akan mulai ada yang mempercayai kinerja mereka. Namun tetap saja dalam dunia politik hari ini memang bukan hal yang mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *