6 Tips Merawat Meja Rotan Agar Tahan Lama

Ketika Anda memiliki ingin memiliki meja yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami, Anda bisa mencoba membeli meja rotan. Meja rotan ada yang berbahan rotan asli, dan ada pula yang meja rotan sintetis. Namun meskipun sintetis, meja rotan ini tetap terlihat seperti berbahan asli. Agar tahan lama dan tetap bersih, Anda bisa merawatnya dengan beberapa metode berikut.

Hindarkan perabot dari sinar matahari langsung

Perabot yang terbuat dari rotan sangat rentan terhadap air hujan dan panas matahari. Itu sebabnya, meja berbahan rotan tidak cocok diletakkan di area outdoor. Agar awet dan tahan lama, letakkan perabot rotan di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Dengan demikian, warna dari perabot rotan juga akan terjaga dengan baik.

Bersihkan debu menempel dengan vacuum cleaner

Meja yang terbuat dari bahan rotan umumnya rentan terlihat kotor karena debu yang menempel di permukaan meja. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melapisi permukaan meja dengan kain taplak yang berserabut padat atau melapisinya dengan plastik. Selain itu, Anda dapat membersihkan meja yang terbuat dari rotan dengan mengelap permukaan menggunakan lap kering atau vacuum cleaner atau penyedot debu. Proses pembersihan ini bisa dilakukan seminggu sekali agar meja selalu terlihat bersih.

Bersihkan dengan larutan kapur barus

Rotan termasuk bahan perabot yang sangat tidak tahan terhadap serangan hama rayap. Jika Anda ingin meja rotan Anda terawat, semprot seluruh bagian meja dengan menggunakan larutan kapur barus setidaknya sehari 2 kali. Larutan kapur barus ini bisa dibuat dengan menghaluskan satu balok kapur barus yang dilarutkan dalam 200 ml minyak tanah. Namun demikian, jika Anda tidak tahan dengan bau menyengat minyak tanah, Anda bisa mencampur kapur barus dengan air biasa dan sedikit air jeruk nipis sebagai pengganti minyak tanah.

Cat ulang menggunakan pernis khusus

Agar perabot meja yang terbuat dari bahan rotan tahan lama, jangan lupa untuk mengecat kembali perabot rotan yang warnanya sudah terlihat pudar. Anda juga bisa menggunakan pernis khusus untuk membuat warna perabot rotan terlihat lebih mengkilap. Setelah dicat ulang, jangan langsung meletakkan perabot rotan dibawah sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja.

Letakkan di area berAC

Ketika Anda ingin merawat perabot rotan yang dimiliki, metode lain yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan perabot rotan tersebut di area yang dingin atau setidaknya memiliki suhu 18-220C. Peletakan perabot di area yang dingin juga akan meminimalisir resiko perabot diserang hama rayap, pengerat, atau kecoa.

Bersihkan dengan larutan garam

Selain menggunakan larutan kapur barus, Anda bisa menggunakan larutan garam untuk membersihkan debu sekaligus menjaga agar perabot rotan tahan lama. Anda bisa melarutkan semangkuk kecil garam kasar dalam 500ml air hangat. Semprotkan ke handuk yang memiliki serabut halus dan usapkan ke seluruh permukaan meja rotan setidaknya 2 kali seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *