Jenis Lisensi Learning Management System (LMS)

Jika Anda ingin terjun ke dunia Learning Management System (LMS). Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jenis – jenis lisensi yang dimilikinya. hal ini tentu memudahkan Anda dalam melangkah dan menyelami berbagai hal yang ada di dalamnya. Berikut daftar – daftarnya.

  1. Open Source

Sistem Manajemen E-learning dari Open Source umumnya gratis dan berbasis online. Anda dapat memodifikasi kode sumber agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, banyak opsi sumber terbuka yang memiliki komunitas daring aktif, yang berarti Anda bisa mendapatkan kiat dan bantuan pemecahan masalah jika Anda mengalami masalah. Kekurangannya adalah bahwa Anda biasanya membutuhkan beberapa tingkat pengalaman pemrograman. Hal ini sangat efisien karena Anda tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk memperolehnya. Dengan demikian, Anda sudah menghemat beberapa hal sekaligus. Penggunaan ini sangat direkomendasikan mengingat banyak manfaat yang didapat.

  1. Lisensi gratis

Ada sejumlah opsi aplikasi platform online learning gratis, biasanya sistem open source. Namun, uang yang Anda hemat untuk lisensi atau biaya bulanan dapat dihabiskan untuk staf TI, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman pemrograman apa pun. Selain itu, Anda mungkin harus berurusan dengan kurva belajar yang curam untuk mendapatkan hasil maksimal dari Learning Management System (LMS). Untuk kasus ini memang harus dipikirkan matang – matang mengingat biaya yang dikeluarkan juga tidak terbilang sedikit. Namun demikian, ketika para staf IT mengerjakan pekerjaannya dengan maksimal, Anda juga akan memperoleh keuntungan yang maksimal juga.

  1. Lisensi Berbayar

Sistem Manajemen Pembelajaran Berbayar membutuhkan biaya bulanan atau tahunan. Beberapa bahkan memungkinkan Anda untuk membeli perangkat lunak secara langsung. Mereka biasanya menawarkan opsi dukungan yang lebih canggih dan fitur yang mudah digunakan. Lisensi berbayar adalah sebuah bentuk jenis yang direkomendasikan untuk Anda yang merasa perlu melakukan transaksi secara langsung. Hal ini bisa menjadi poin plus karena transaksinya sangat jelas dan memiliki keunggulan dari segi fitur yang didapat.

Bagaimana, sudah ada gambaran bukan mengenai jenis – jenis lisensi learning management system (LMS) yang terdapat di dalamnya? semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *