Menilik Ekonomi Kreatif

Perkembangan zaman tentunya menuntut adanya inovasi di berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali bidang ekonomi. Saat ini, para ahli sedang berupaya giat-giatnya untuk mengenalkan sebuah konsep baru. Konsep ini mengintensifkan perpaduan antara informasi dan daya kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan serta  sumber daya manusia sebagai salah satu faktor produksi. Inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan ekonomi kreatif. Di negara kita, konsep ekonomi ini sudah mulai dikembangkan sejak masa pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Ekonomi kreatif ini kemudian terus dikembangkan dengan tujuan dapat menguatkan ekonomi nasional.

Saat ini, pengembangan ekonomi kreatif kemudian dilanjutkan oleh pemerintahan Joko Widodo. Beliau mempercayakan tanggungjawab untuk pengembangan ekonomi kreatif di negara Indonesia kepada sebuah lembaga yang disebut dengan Bekraf. Bekraf adalah kepanjangan dari Badan Ekonomi Kreatif. Tetapi, untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, tentunya badan ini butuh dukungan dari berbagai pihak seperti masyarakat, pemerintah dan para cendekia. Kerjasama yang baik dari pihak-pihak tersebut tentu akan mampu menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu tonggak perekonomian nasional sesuai harapan. Peluang ekonomi kreatif ini kemudian nantinya akan semakin tumbuh sehingga dapat melahirkan wujud kreativitas baru dalam industri kreatif.

Jika ekonomi kreatif berkembang pesat, tidak hanya negara yang akan merasakan dampak positifnya, melainkan masyarakat sebagai salah satu aktor pendukung pun akan kecipratan. Beberapa manfaat ekonomi kreatif diantaranya adalah :

  1.             Maraknya Inovasi

Jika masyarakat berorientasi untuk terus mengembangkan kreativitasnya dalam kegiatan ekonomi, maka akan marak terjadi inovasi. Hal ini pun sudah mulai bisa kita lihat sekarang. Perkembangan bisnis industri kreatif berkembang pesat jika dibandingkan saat jaman 1990-an. Mulai tahun millenium, kita banyak dikenalkan hal baru, yakni internet. Dari sinilah kemudian muncul beraneka ragam inovasi, baik di bidang teknologi maupun komunikasi. Contohnya saja, bisnis online yang saat ini mulai banyak digeluti, pemesanan tiket, jual beli barang secara online dan sebagainya. Hal ini dapat terjadi karena internet telah menjangkau semua tempat dan seluruh kalangan.

  1.             Lapangan Pekerjaan Terbuka Lebar

Banyak kemudian lapangan pekerjaan yang muncul dengan berkembangnya ekonomi kreatif. Jika hal tersebut terus berkelanjutan dan semakin berkembang, maka hal ini akan dapat menekan tingkat kemiskinan di Indonesia. Kehidupan masyarakat pun nantinya akan lebih sejahtera, apalagi jika pemerintah dapat mendukung industri-industri ini untuk memperluas pasarannya tentu bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

  1.             Kompetisi Lebih Terasa

Dampak lain yang akan timbul dengan pengunaan teknologi dalam bisnis yang digeluti beberapa orang adalah persaingan yang semakin ketat. Kemudahan akses yang didapat masyarakat untuk mendapatkan informasi, tentu membuat mereka semakin jeli untuk memilih sebuah produk yang akan dibeli. Dari sinilah tantangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis untuk makin mempertinggi kualitas produk yang dihasilkan supaya tetap dapat menarik minat pasar dan tak kalah saing dengan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *